Anda bosan dengan sate kambing tetapi tetap ingin makan daging kambing? Apabila Anda datang di Kota Surabaya, Jawa Timur, cobalah makan kambing oven. Makanan ini banyak dijual di sepanjang Jl. KH Mansyur, Surabaya yang berdekatan dengan Masjid Ampel Surabaya.
Kambing oven disajikan panas-panas di atashotplate dan porsinya cukup besar untuk ukuran makan satu orang. Kambing oven sengaja diambil dari bagian paha kaki kambing muda supaya empuk saat dimakan.   Rasanya hampir sama dengan kambing guling tetapi lebih empuk. Saat digigit terasa lunak di lidah. Kelebihannya sama sekali tidak ada bau amis meski ukuran besar. Ada beberapa rasa pilihan yaitu rasa madu, rica-rica, dan kecap. Disajikan dengan bumbu kacang dan kecap manis.   Harga kambing oven Rp 50.000 per porsi padahal ukuran dagingnya sebesar hotplate, sangat jauh ukurannya dengan steak kambing atau lamb chop steak yang biasa dijual di restoran steak. Harga ini sangat sebanding dengan rasa untuk menikmati empuknya kambing oven.
Kambing oven sangat cocok dimakan dengan nasi kebuli. Apabila Anda pesan nasi kebuli, otomatis akan mendapatkan sepotong kambing di samping nasi. Nasinya telah diberi bumbu rempah-rempah seperti gulai.
Harga nasi bermacam-macam antara nasi kebuli, nasi gule, dan nasi briani. Rata-rata Rp 20.000 per piring. Porsinya cukup besar untuk makan satu orang.
Selain menu kambing oven, ada juga menu lain khas Arab seperti gulai kambing, krengsengan, nasi goreng kambing, kafsah, roti maryam, kalio, nasi afganis, sop arab dan nasi briani.
Gulai kambing di sini terasa sekali rasa rempah-rempahnya dan porsi dagingnya potongan besar lengkap dengan tulang.
Saya mencoba makan di salah satu Restoran Yaman Kuliner di Jl. KH M Mansyur, Surabaya. Pemiliknya wanita keturunan Arab yang akrab dipanggil Umi Sundus. Restoran Yaman telah buka 10 tahun yang lalu dan konsisten hanya dengan menu Timur Tengah.
Masuk restoran ini sudah terasa bau harum dari kambing yang dioven. Meja kayu dan kursi lipat tertata sederhana di restoran yang menyerupai gedung tua bekas hotel.  
Jika ingin makan kambing oven, lebih nikmat untuk santapan makan malam. Sebab, udara Surabaya yang panas akan membuat Anda berkeringat kalau makan di siang hari. Restoran ini tak ber-AC.
Saat saya makan di sini, kebetulan tamu-tamu yang datang untuk makan malam sebagian besar dari keturunan Arab. Restoran buka seharian mulai pukul 09.00-22.00 WIB. (Asita DK Suryanto)

0 Responses

Posting Komentar

  • translate

    RECENT POST

    TRANSLATE

    ”free

    Cari Blog Ini

  • foto gw

    foto gw
    Read more: Cara Membuat Recent Post Bergerak Ke Bawah http://ojelhtc.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-recent-post-bergerak-ke.html#ixzz1i1SFsQ7U Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike
    ”free
    SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA.....
    DAPATKAN RESEP2 MASAKAN YANG NIKMATZZ..

    Entri Populer

    Total Tayangan Halaman