MAKANAN DJAKARTA PUNYA,.


BERITAJAKARTA.COM — 04-10-2011 10:29
Betawi memiliki kekayaan aneka ragam kuliner yang khas dan unik. Namun dari sekian banyak kuliner khas Betawi, ketupat babanci sudah mulai langka dan jarang ditampilkan. 

Ya, ketupat babanci salah satu makanan khas Betawi yang saat ini mulai sulit ditemukan. Jika masyarakat ingin menikmati masakan ini, harus menunggu ada event-event akbar yang melibatkan Bamus Betawi. Sebab biasanya ketupat babanci, saat ini hanya ada di setiap kegiatan akbar. Seperti Lebaran ala Betawi, yang baru saja digelar di Penggilingan pada tanggal 1-2 Oktober lalu. Kemudian setiap ada bazar dan pesta kuliner yang digelar oleh TP PKK atau Bamus Betawi.

Nurhayati (58), warga Kebonkosong, RT 001/01, Kemayoran, Jakarta Pusat, merupakan salah satu yang setia menjajakan ketupat babanci hingga sekarang. Ibu dari tiga anak dan dua cucu ini masih mencoba mempertahankan salah satu kuliner khas Betawi ini dari kepunahan. 

"Sekarang orang sudah tidak mengenal atau lupa terhadap ketupat Babanci. Padahal 50 tahun silam, kuliner yang satu ini melekat di masyarakat. Namun sejak 20-30 tahun terakhir ini, nama ketupat bebanci mulai menghilang karena banyaknya kuliner dengan bahan dasar ketupat. Seperti lontong sayur, ketupat padang, ketupat medan, kupat glabed, dan sebagaianya," tutur Nurhayati kepada beritajakarta.com, Selasa (4/10).

Nurhayati mengaku banyak belajar ibunda aktris Dedi Mizwar mengenai resep membuat ketupat bebanci sehingga enak dinikmati. Sebab semasa hidupnya, ibunda Dedi Mizwar semangat menjajakan ketupat babanci dalam event-event tertentu seperti saat ada bazar, pesta perkawinan, hingga sunatan.

Meski mengaku hingga kini masih setia menjajakan ketupat babanci, namun Nurhayati tidak tahu persis asal usul nama kuliner Betawi tersebut. Namun ia menduga karena dulunya ketupat itu digemari kaum banci atau waria (wanita pria), sehingga untuk memudahkan menyebutnya maka ketupat ini dinamai ketupat babanci.

Cara membuat dan menyajikan ketupat babanci relatif sangat mudah. Ketupat diberikan sayur dan sate daging sapi yang rasanya manis dan di atasnya ditaburi bawang goreng serta kerupuk. Satu porsi ketupat babanci dijual seharga Rp 12.500. 

Untuk membuat sate manisnya, daging sapi digiling kemudian ditusuk menggunakan tusukan sate.  Agar aromanya khas dan harum, saat digiling daging disiram air santan atau kelapa parut dan gula merah. Setelah itu daging tusukan ini dikukus dan dibakar. Kecap pengantarnya pun harus manis. Karena yang menjadi ciri khas ketupat babanci ini adalah satenya terasa manis.

Sedangkan sayurnya, agar aromanya juga khas maka dibuat sedemikian rupa. Kuah sayur menggunakan santan dan aneka bumbu dapur. Seperti, ketumbar, jinten, cengkeh, kayumanis, daun sereh, daun salam, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, serta sedikit air kelapa muda.

0 Responses

Posting Komentar

  • translate

    RECENT POST

    TRANSLATE

    ”free

    Cari Blog Ini

  • foto gw

    foto gw
    Read more: Cara Membuat Recent Post Bergerak Ke Bawah http://ojelhtc.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-recent-post-bergerak-ke.html#ixzz1i1SFsQ7U Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike
    ”free
    SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA.....
    DAPATKAN RESEP2 MASAKAN YANG NIKMATZZ..

    Entri Populer

    Total Tayangan Halaman