Krenyes Mantap Lawar Khas Bali

WartaNews, Bali - Bicara mengenai kuliner daerah di nusantara ini, begitu banyak ragam menunya. Semuanya menyajikan kenikmatan khas dengan yang diracik dengan bumbu dan bahan bakunya.

Namun banyak pula kesamaan nama dan bahan, tetapi secara pengolahan ada perbedaannya. Seperti masakan dengan nama Lawar ini.

Apakah ada hubungannya dengan kelelawar? Jangan salah, hal ini tidak ada hubungannya dengan makhluk malam itu. Masakan khas Bali ini memang paling enak disajikan untuk makan siang dibarengi dengan nasi hangat yang mengepul, dijamin bakalan nambah terus!

Lawar merupakan makanan khas Bali yang sering ditemui ketika ada sebuah upacara. Tapi kini lawar sudah banyak dijual di berbagai rumah makan khas Bali.

Lawar pun banyak sekali jenisnya, mulai dari lawar ayam, lawar daging, lawar kuwir atau mentok, sampai dengan lawar penyu. Ada juga lawar yang memakai campuran darah babi dan daging kelelawar.

Tidak hanya ayam ataupun daging yang menjadi isi utamanya, tetapi juga sayuran dan kelapa yang telah diparut. Yah, hampir seperti urap Jawa namun bedanya kelapa ini dibakar terlebih dahulu barulah diparut kasar.

Lawar di sini adalah lawar Bali Isinya berupa kacang panjang yang dirajang kecil-kecil beserta kelapa parut dan bumbu komplet. Rasanya krenyes-krenyes gurih!

Sayur yang digunakan pun bermacam-macam, kalau menggunakan sayur nangka maka namanya pun menjadi lawar nangka. Ada juga yang bernama lawar padamare, yaitu gabungan dari beberapa jenis lawar.

Lawar ini paling enak disantap bersama nasi putih yang masih mengepul hangat bersama ayam betutu dan lauk lainnya.

Lawar di NTB tentu berbeda dengan Lawar khas Bali, di NTB ada jenis kuliner Lawar yang menggunakan ikan teri sebagai bahannya, beda dengan Bali yang menggunakan daging ayam.

Selain ayam/bebek betutu, sajian Lawar Ayam khas Bali ini dari aroma hingga rasanya tentu akan membuat kita ketagihan menyantapnya.

Ada rasa pedas yang menggigit, gurih dan krenyes renyah kacang panjang. Laawar Ayam ini biasanya dimakan dengan nasi putih.

Hmm...sudah terbayang kan bagaimana nikmatnya? (*/js)
0 Responses

Posting Komentar

  • translate

    RECENT POST

    TRANSLATE

    ”free

    Cari Blog Ini

  • foto gw

    foto gw
    Read more: Cara Membuat Recent Post Bergerak Ke Bawah http://ojelhtc.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-recent-post-bergerak-ke.html#ixzz1i1SFsQ7U Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike
    ”free
    SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA.....
    DAPATKAN RESEP2 MASAKAN YANG NIKMATZZ..

    Entri Populer

    Total Tayangan Halaman